Selasa, 04 November 2014

LAYANAN TELEMATIKA


LAYANAN TELEMATIKA
Layanan Telematika merupakan layanan yang diperuntukan masnusia yang membutuhkan pelayanan secara cepat, efisien dan efektif dengan telematika ini pastinya layanan yang di gunakan menggunakan teknologi data terpusat, dengan pengambilan datanya menggunakan jaringan internet yang efektif. Dengan internet pastinya keterhubungan permasalahan akan dengan mudah di deteksi atau di definisikan lalu di carikan solusi pemecahanmasalahnya.

Layanan-layanan yang terdapat pada telematika;
1.      Layanan Telematika di Bidang Informasi

layanan ini merupakan layanan yang mana layanan ini ditujukan untuk memberikan informasi kepada manusia secara relevan dan bermanfaat untuk berbagai kalangan manusia yang membutuhkannya, dengan adanya layanan informasi ini manusia dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari perangkat atau device yang terhubung dengan internet atau offline, karena sudah banyak aplikasi aplikasi offline yang dapat memberikan informasi sesuai kebutuhan pada tingkat kalangan masing masing, dengan menggunakan satu perangkat yang terhubung dengan internet kita sudah bisa  mendapatkan informasi terkini secara update.

Penyebaran informasi sebenernya sudah bisa dianggap merata dalam kalangan ekonomi rendah, pendidikan rendah sudah dapat merasakan penyebaran informasi secara mudah, penyebaran informasi saat ini secara tidak langsung sudah dapat dirasakan melalui social media contoh FB,Twitter, dll karena penyebar informasi tersebut sudah menggap bahwa setiap kalangan rendah pendidikan setidaknya pasti memiliki akunsalah satu social media tersebut. Dan untuk kalangan yang dalam hambatan ekonomi juga dapat mencari informasi melalui penyewaan paket data pada warung internet(warnet).

Pada layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.

Contohnya :
·         Navigation assistant (real-time traffic information)
·         Weather, stock information
·         Entertainment and M-Commerce

2.      Layanan Telematika di bidang Keamanan

Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.

Dengan adanya layanan ini manusia dapat menjalankan kegiatanya dengan tenang karena layanan dalam bidang keamanan ini akan menuju pada pencarian masalah yang terjadi pada setiap titik koordinat pada wilayahnya, dan dengan teknlogi yang akan datang masalah yang terjadi pada titik koordinat yang bermasalah akan segera di pecahkan atau di lakukan tindakan secara aoutomatis dan komputerisasi. Contoh Kasus: ketika terjadi kebakarang pada koordinat wilayah sekian sekian maka teknologi yang memantau keamanan akan memberikan sinyal ke pusat bahwa telah terjadi kebakaran pada koordinat tersebut, dan dari pusat secara computerisasi akan mendatangi lokasi dalam koordinat dan akan melukukan pemadaman dengan robot yang akan di buat.

Contohnya :
·         Emergency rescue with 911
·         Car location tracing (thief-proof)
·          
3.      Layanan Context Aware dan Event-Based

Dalam ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.

Contohnya :
·         Vehicle Diagnostic Service
·         Car Insurance based on driving statistic

4.      Layanan Perbaikan Sumber

Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.


Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :

Dilihat dari bidang ekonomi
·         Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.

Dilihat dari bidang politik
·         Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.

Contohnya :
·         Yellow pages service

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
a.       Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
b.      Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
c.       Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Kelebihan layanan telematika:
·         Pada layanan telematika dibidang informasi, seluruh kalangan masyarakat dapat merasakan tekhnologi yang sudah mulai merata yang mana teknologi tersebut yang dapat menghasilkan informasi.
·         Pada layanan telematika di bidang keamanan, masyarakat pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan meraka tidak perlu panic dengan system pelayanan keamanan yang akan datang.
·         Pada layanan context aware dan event-base, dengan pelayanan ini manusia tidak perlu lagi takut akan hal tersesat atau penipuan karena dengan layanan ini semua dapat di ientifikasi lokasi input dan output.
·         Pada layanan perbaikan sumber, tiap orang dapat bantuan lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat/nomor telepon suatu instansi.
Kekurangan layanan telematika:
·         Pada layanan telematika bidang informasi, informasi bohong yang diberitakan sangatlah dapat merusak moral dan mental.
·         Pada layanan telematika dibidang keamanan, keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
·         Pada layanan context aware dan event-base, dalam jaringan yang disediakan pada lokasi yang memungkinkan layanan ini tidak berfungsi.
·         Pada layanan perbaikan sumber, tidak mudah mencari/tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi ketika ingin mencari informasi maka harus mencarinya secara manual dengan membaca indeksnya.

Saran:
Layanan telematika ini sangat ditujukan oleh manusia yang membutuhkan informasinya masing masing sehingga banyak informasi informasi yang di sediakan oleh jasa penyedia layanan, menurut saya layanan telematika ini kedepanya akan menjadikan manusia seperti raja yang dapat dengan mudah memproleh informasi tanpa harus mondar-mandir, sehingga manusia akan di mudahkan dalam pekerjaannya , jadi harus ditingkatkan lagi layanan telematika di Negara Indonesia ini supa dapat mensinkronkan dengan Negara Negara lain dalam, supaya layanan telematika Negara lain dapat dirasaksn oleh Negara kita juga.
Dengan perkembangan teknologi masa sekarang, maka diharapkan penggunaan layanan telematika dapat lebih luas dan dapat dimaksimalkan.

Referensi :
http://sirendi.blogspot.com/2012/12/layanan-telematika.html