LAYANAN
TELEMATIKA
Layanan Telematika
merupakan layanan yang diperuntukan masnusia yang membutuhkan pelayanan secara
cepat, efisien dan efektif dengan telematika ini pastinya layanan yang di
gunakan menggunakan teknologi data terpusat, dengan pengambilan datanya
menggunakan jaringan internet yang efektif. Dengan internet pastinya
keterhubungan permasalahan akan dengan mudah di deteksi atau di definisikan
lalu di carikan solusi pemecahanmasalahnya.
Layanan-layanan yang terdapat pada telematika;
1.
Layanan
Telematika di Bidang Informasi
layanan
ini merupakan layanan yang mana layanan ini ditujukan untuk memberikan
informasi kepada manusia secara relevan dan bermanfaat untuk berbagai kalangan
manusia yang membutuhkannya, dengan adanya layanan informasi ini manusia dapat
dengan mudah mendapatkan informasi dari perangkat atau device yang terhubung
dengan internet atau offline, karena sudah banyak aplikasi aplikasi offline
yang dapat memberikan informasi sesuai kebutuhan pada tingkat kalangan masing
masing, dengan menggunakan satu perangkat yang terhubung dengan internet kita
sudah bisa mendapatkan informasi terkini
secara update.
Penyebaran
informasi sebenernya sudah bisa dianggap merata dalam kalangan ekonomi rendah, pendidikan
rendah sudah dapat merasakan penyebaran informasi secara mudah, penyebaran
informasi saat ini secara tidak langsung sudah dapat dirasakan melalui social
media contoh FB,Twitter, dll karena penyebar informasi tersebut sudah menggap
bahwa setiap kalangan rendah pendidikan setidaknya pasti memiliki akunsalah
satu social media tersebut. Dan untuk kalangan yang dalam hambatan ekonomi juga
dapat mencari informasi melalui penyewaan paket data pada warung internet(warnet).
Pada
layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan
bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya
:
·
Navigation assistant (real-time traffic
information)
·
Weather, stock information
·
Entertainment and M-Commerce
2. Layanan Telematika di bidang
Keamanan
Layanan
telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan
fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan
kejahatan.
Dengan
adanya layanan ini manusia dapat menjalankan kegiatanya dengan tenang karena
layanan dalam bidang keamanan ini akan menuju pada pencarian masalah yang
terjadi pada setiap titik koordinat pada wilayahnya, dan dengan teknlogi yang akan
datang masalah yang terjadi pada titik koordinat yang bermasalah akan segera di
pecahkan atau di lakukan tindakan secara aoutomatis dan komputerisasi. Contoh
Kasus: ketika terjadi kebakarang pada koordinat wilayah sekian sekian maka
teknologi yang memantau keamanan akan memberikan sinyal ke pusat bahwa telah
terjadi kebakaran pada koordinat tersebut, dan dari pusat secara computerisasi
akan mendatangi lokasi dalam koordinat dan akan melukukan pemadaman dengan
robot yang akan di buat.
Contohnya
:
·
Emergency rescue with 911
·
Car location tracing (thief-proof)
·
3.
Layanan
Context Aware dan Event-Based
Dalam
ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat
bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan
tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan
oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai
konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan
penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain
lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan
terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang
mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan
langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak
seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks
location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari
context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.
Contohnya
:
·
Vehicle Diagnostic Service
·
Car Insurance based on driving statistic
4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya
manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas
dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan
digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
Dilihat dari bidang
ekonomi
·
Pengembangan telematika ditujukan untuk
peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk
barang dan jasa.
Dilihat dari bidang
politik
·
Bagaimana telematika memberikan
kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
Contohnya
:
·
Yellow pages service
Istilah
telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
a. Integrasi
antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi
Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications
Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan
pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan
telekomunikasi.
b. Secara
umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem
Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian
integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication
technology).
c. Secara
lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan
lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Kelebihan
layanan telematika:
·
Pada layanan telematika dibidang
informasi, seluruh kalangan masyarakat dapat merasakan tekhnologi yang sudah
mulai merata yang mana teknologi tersebut yang dapat menghasilkan informasi.
·
Pada layanan telematika di bidang
keamanan, masyarakat pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi
sesuatu yang diinginkan meraka tidak perlu panic dengan system pelayanan
keamanan yang akan datang.
·
Pada layanan context aware dan
event-base, dengan pelayanan ini manusia tidak perlu lagi takut akan hal
tersesat atau penipuan karena dengan layanan ini semua dapat di ientifikasi
lokasi input dan output.
·
Pada layanan perbaikan sumber, tiap
orang dapat bantuan lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat/nomor telepon
suatu instansi.
Kekurangan
layanan telematika:
·
Pada layanan telematika bidang informasi,
informasi bohong yang diberitakan sangatlah dapat merusak moral dan mental.
·
Pada layanan telematika dibidang
keamanan, keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat
jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
·
Pada layanan context aware dan
event-base, dalam jaringan yang disediakan pada lokasi yang memungkinkan
layanan ini tidak berfungsi.
·
Pada layanan perbaikan sumber, tidak
mudah mencari/tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi
ketika ingin mencari informasi maka harus mencarinya secara manual dengan
membaca indeksnya.
Saran:
Layanan telematika ini
sangat ditujukan oleh manusia yang membutuhkan informasinya masing masing
sehingga banyak informasi informasi yang di sediakan oleh jasa penyedia
layanan, menurut saya layanan telematika ini kedepanya akan menjadikan manusia
seperti raja yang dapat dengan mudah memproleh informasi tanpa harus
mondar-mandir, sehingga manusia akan di mudahkan dalam pekerjaannya , jadi
harus ditingkatkan lagi layanan telematika di Negara Indonesia ini supa dapat
mensinkronkan dengan Negara Negara lain dalam, supaya layanan telematika Negara
lain dapat dirasaksn oleh Negara kita juga.
Dengan perkembangan
teknologi masa sekarang, maka diharapkan penggunaan layanan telematika dapat
lebih luas dan dapat dimaksimalkan.
Referensi :
http://sirendi.blogspot.com/2012/12/layanan-telematika.html